Ragunan, di mana kita tinggal sehari-hari

Pusat Informasi dan Penyaluran Aspirasi Warga Ragunan

Ketika Ragunan Menyambut Penilaian Adipura 2010

1 Komentar

Beberapa waktu yang lalu, sekitar akhir Maret sampai awal April 2010, wilayah Ragunan sebagai bagian administratif dari Jakarta Selatan turut serta berbenah diri. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut penilaian Adipura 2010. Sebagaimana kita telah mengetahui bahwa Jakarta Selatan sudah 6 kali meraih Adipura, namun demikian harapan untuk mempertahankannya di tahun 2010 ini agaknya tidak surut. Hal ini dibuktikan oleh Pemda DKI Jaksel termasuk di dalamnya Kelurahan Ragunan.

Lahan parkir pengguna busway

Kita ambil contoh daerah sekitar TMR dan terminal bis dalam kota Ragunan, saat masa-masa penilaian terlihat selalu rapi. Beberapa waktu bahkan sempat dipasang surat dari Lurah Ragunan tentang himbauan bagi pedagang kaki lima (PKL) untuk tidak beroperasi mulai waktu yang diatur. Mungkin dimaksudkan untuk menertibkan wilayah terminal dan trotora jalan dari semrawutnya PKL, selain usaha parkir yang marak sejak adanya terminal busway di TMR.

Memang surat itu berefek, sementara, sehingga dalam kurun waktu kurang lebih dua pekan terminal dan sepanjang Jl. Saco bersih dari PKL. Namun hal ini tentu hanya sebagai alih-alih untuk menghindarkan penilaian negatif dari tim Adipura yang yang mengunjungi Ragunan. Ke depan tentunya perlu dibuat kebijakan jangka panjang tentang ketertiban lingkungan semacam ini, karena Ragunan umumnya merupakan wilayah ekonomi yang dinamis dan potensial sehingga juga memberikan kesempatan bagi setiap pengusaha terutama kecil dan menengah untuk juga bisa mengembangkan usahanya tanpa harus mengganggu ketertiban.

Mungkin di antara Anda adalah PKL dan yang lain adalah aparat pemerintah, khususnya untuk Anda yang peduli pada wilayah ini, marilah kita bersama-sama mewujudkan Ragunan menjadi salah satu ikon yang paling membanggakan bagi Jakarta khususnya dan Indonesia umumnya.

Poster mini

Surat Lurah Ragunan

Penulis: humas4ragunan

Saya adalah seorang warga tidak tetap yang tinggal di Ragunan sejak akhir 2001. Awalnya saya mengontrak sebuah rumah petak bersama teman2 (laki2), kemudian pindah ke kontrakan lain bersama istri, kemudian ber-kali2 pindah ke kontrakan yang lain bersama istri dan dua oang anak. Ragunan, tempat saya memulai kehidupan di tengah2 masyarakat.

One thought on “Ketika Ragunan Menyambut Penilaian Adipura 2010

  1. Ping-balik: Update Ketika Ragunan Menyambut Penilaian Adipura 2010 « Ragunan, di mana kita tinggal sehari-hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s