Ragunan, di mana kita tinggal sehari-hari

Pusat Informasi dan Penyaluran Aspirasi Warga Ragunan

Pasar Festival Ragunan dan Fasilitas Bumi Perkemahan Ragunan yang Memprihatinkan

Tinggalkan komentar

Hari Ahad kemarin, 19 Desember 2010, saya mengantar istri dan anak saya ke Bumi Perkemahan Ragunan untuk suatu kegiatan. Wah, ramai juga ya … mungkin karena hari libur, tapi sepertinya lebih ramai dari biasanya karena sekolah-sekolah di Jakarta dan sekitarnya mulai memasuki masa liburan semester gasal.

Pasar Festival Ragunan

Saya tidak punya info detil terkait kegiatan ini, cuma sebagai informasi kepada pengunjung dan warga Ragunan bahwa ada kegiatan ini Sabtu-Ahad kemarin. Mungkin Anda sudah mengetahui atau bahkan berkunjung ke sana, silakan di-share infonya supaya di kesempatan Pasar Festival berikutnya bisa lebih semarak lagi. Berikut beberapa foto yang saya ambil di lokasi, Ahad kemarin.

Ada wahana permainan anak mulai kereta listrik jenaka hingga permainan pancingan ikan plastik. Berbagai barang mulai dari sepeda motor, perabot rumah tangga hingga makanan dan minuman dijual di sana. Panitia menyediakan fasilitas berupa tenda standar bagi peserta (penjual) dan lahan parkir kendaraan bermotor roda dua bagi para pengunjung.

Pasar Festival ini semacam menjadi pionir keberadaan pasar kaget yang representatif sebagai alternatif pengganti pasar kaget yang telah lama hadir di sepanjang jalan akses masuk ke GOR Ragunan yang kondisinya kurang teratur karena selain tidak dilengkapi dengan tenda dan lahan parkir juga menyebabkan kemacetan lalu lintas terutama bagi pengunjung GOR dan Taman Margasatwa Ragunan. Langkah positif ini mestinya mendapat dukungan tidak hanya dari pemerintah daerah khususnya Kelurahan Ragunan tetapi juga seluruh warga Ragunan selain juga para pengunjung Ragunan yang menjadi sasaran dari keberadaan pasar-pasar kaget tersebut.

Fasilitas Bumi Perkemahan Ragunan yang Memprihatinkan

Sekilas sembari mengajak anak saya bermain di seputar Bumi Perkemahan Ragunan, saya melihat kondisi fasilitas Buperta yang cukup memprihatinkan salah satunya : sarana bermain anak yang sudah rusak sehingga tinggal beberapa yang bisa digunakan.

Sebagai gambaran berikut foto-foto sarana bermain anak yang sempat saya ambil di sana :

Sarana bermain yang tersedia di Bumi Perkemahan Ragunan terletak di bagian Utara atau kanan jalan masuk, posisinya sebelum parkir kendaraan roda empat. Terdiri dari beberapa unit ayunan double, satu unit wahan jembatan lorong, dan satu unit dome tangga berlantai pasir.

Bila dicermati, sebagian besar ayunan sudah tidak bisa digunakan karena tali rantainya putus atau dudukan terlepas dari talinya. Wahana jembatan sudah lepas dari landasan sementara landasannya sudah lapuk/keropos. Sedangkan dome tangga besinya sudah banyak yang hilang, keropos dan berkarat. Kondisi yang sudah tidak layak bahkan cenderung membahayakan bagi anak-anak. Perlu pengawasan ketat orangtua bila anaknya bermain di fasilitas ini. Semoga pengelola Buperta memerhatikan ini dan mengusahakan perbaikan atas fasilitas ini.

About these ads

Penulis: humas4ragunan

Saya adalah seorang warga tidak tetap yang tinggal di Ragunan sejak akhir 2001. Awalnya saya mengontrak sebuah rumah petak bersama teman2 (laki2), kemudian pindah ke kontrakan lain bersama istri, kemudian ber-kali2 pindah ke kontrakan yang lain bersama istri dan dua oang anak. Ragunan, tempat saya memulai kehidupan di tengah2 masyarakat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.